Penyebab Vagina Gatal Pada Wanita

Penyebab Vagina Gatal Pada Wanita – Pada kondisi wanita yang mengalami vagina gatal mungkin sebagian wanita sering mengalami hal tersebut. vagina yang gatal tersebut adalah gejala umum yang banyak ditemui oleh para dokter ahli kandungan. Hal tersebut akan sangat mengganggu bagi bahkan dari gejala yang bisa membuat rasa yang tidak nyaman terutama pada wanita yang banyak sekali aktivitas tersebut. Kita juga tahu pastinya wanita pada vagina adalah alat reproduksi, vagina yang harus selalu tetap terjaga kesehatan dan kebersihan nya.

Penyebab Vagina Gatal Pada Wanita

Penyebab Vagina Gatal Pada Wanita

Vagina merupakan suatu bagian penghubung antara bagian rahim dan leher rahim atau uterus yang akan keluar dari tubuh. Vagina itu yang merupakan suatu bagian tubuh wanita yang berbentuk tabung, vagina juga memiliki otot yang bisa elastis dan vagina dilapisi dengan lendir yang membuatnya semakin elastis.

Pembukaan berupa uretra tempat keluarnya urine dan anus. Untuk cara proses reproduksi vagina akan sangat elastis, hal ini dengan kemungkinan penis untuk bisa dimasuki nya. Dan yang memudahkan penis masuk, vagina juga akan memiliki cairan di sekresi yang ada di dinding vagina yang berfungsi sebagai pelumas saat anda hendak berhubungan seksual. Vagina ini yang bisa digunakan sebagai jalan lahir bagi bayi saat proses persalinan.

Maka vagina akan renta terhadap peradangan. Peradangan pada vagina yang biasanya disebut dengan vaginitis. Vagina wanita yang sangat renta sekali terhadap kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri itu sangat membahayakan bagi vagina, tidak hanya kuman dan bakteri saja namun yang sangat berbahaya bagi vagina adanya benda benda yang berbahaya bagi vagina. Vagina  yaitu suatu organ reproduksi yang begitu penting bagi wanita, namun hal hal apa saja yang bisa akan mengganggu pada kesehatan wanita.

Penyebab Vagina Gatal pada wanita

Berikut ini ada beberapa penyebab vagina gatal pada wanita, adalah :

  • Herpes

Penyebab vagina gatal juga yang bisa disebabkan adanya virus. Perlu anda ketahui bahwa herpes di vagina atau di area genital sebenarnya tidak selalu berupa adanya luka besar yang terlihat. Beberapa herpes justru tidak akan mudah terlihat. Ciri herpes kulit di area genital di antaranya gatal dan nyeri saat buang air kecil, tapi bisa saja gejala nya juga tak terlalu jelas terasa. Banyak yang berupaya mengobati herpes dengan obat herpes, tapi memang tak bisa membantu banyak.

  • Salah Cukur

Penyebab vagina gatal pada wanita karena mencukur area vagina. mungkin akan terasa halus pada saat itu, tetapi ketika rambut tumbuh kembali, tentu akan terasa gatal. Sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Obstetric dan Gynecology pada tahun 2014 lalu menyebutkan, 20 persen perempuan yang membersihkan bulu vaginanya akan merasa sangat gatal.

  • Iritasi Vagina

Penyebab vagina gatal pada wanita adalah iritasi yang bisa disebabkan oleh kain atau produk tertentu. Maka perlu anda perhatikan lagi tentang kebersihan vulva. Pencegahan iritasi agar terhindar dari vagina gatal ini termasuk dengan tidak memakai pantyliner, terutama yang mengandung aroma menghindari sabun wangi untuk area vagina, dan menghindari douching alias memberikan semprotan untuk area kewanitaan. Jadi, penyebab gatal vagina karena iritasi ini biasanya akan parah oleh kebiasaan menggaruk area vagina gatal yang kemudian menyebabkan infeksi. Selain itu, penggunaan pantyliner dan pewangi vagina juga dapat mengubah pH vagina yang membuat perempuan menjadi lebih rentan terhadap infeksi bacterial vaginosis.

Perlu diingat, vagina juga perlu bernapas. Maka pakaian sintetis atau pantyliner bisa membuatnya lembap dan berujung pada iritasi. Selain itu, pastikan mencuci pakaian dalam dengan teratur.

  • Adanya Infeksi Jamur

Penyebab vagina gatal pada wanita yang di alami karena adanya infeksi jamur. Penyebabnya yang paling jelas adalah yeast alias jamur mikroskopis yang bisa mengubah gula menjadi alcohol dan karbon dioksida. Infeksi ini sangat umum, bahkan tiga perempat perempuan bisa mengalaminya di lebih dari satu titik pada area vagina. Vagina gatal yang disebabkan infeksi jamur ini cirinya adalah terasa sangat gatal, terjadi penebalan di area yang gatal, dan keluarnya cairan putih di vagina yang tidak berbau.

Saya sarankan Anda setidaknya hubungi dokter Anda untuk mendiskusikan gejala ini, karena bila Anda memilih mengobati dengan membeli obat sendiri ke toko obat, bisa jadi malah memperburuk keadaan.

  • Trichomoniasis

Penyebab vagina gatal pada wanita adalah infeksi menular seksual yang bisa disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencatat bahwa 3,7 juta orang terinfeksi parasit ini, didominasi perempuan, namun hanya 30 persen yang tahu bahwa dirinya terinfeksi. Pasalnya, kadang keluhan ini tidak menimbulkan gejala. Tapi bila vagina gatal disertai dengan rasa terbakar atau ada retakan putih di area luar kulit, maka dicurigai penyebab gatal vagina adalah parasit jenis ini.

Lupakan inisiatif untuk mengobati dengan obat-obatan yang dibeli di toko, lakukan tes dan bila positif, pengobatannya pun tak sulit. Akan diberi antibiotik untuk pengobatannya. Tapi, Anda dan pasangan harus melakukan tes ini. Pasalnya jika hanya salah satu yang diobati, Anda akan dengan mudah menginfeksi satu sama lain.

Penyebab Vagina Gatal Pada Wanita


>>> Cara Menghilangkan Gatal-gatal Pada Vagina dan Mengatasi Penyebab Vagina Gatal, KLIK DISINI!

This entry was posted in Vagina Gatal. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *